Kamis, 13 November 2008

Menggapai 1000 Kebaikan Dalam Sehari  

Seribu kebaikan dalam sehari? Ah, mana mungkin?!siapa sich, yang bisa meraihnya? Ya,..mudah saja bagi yang bersungguh-sungguh ingin meraihnya. Karena mengharapkan hari hisab dihadapan Rabb-Nya penuh dengan amal shaleh dan hilang segala keburukannya. Bagi hamba-hamba Allah yang memang akhirat menjadi tujuan utamanya maka segala jalan untuk meningkatkan amal shaleh selalu dicari dan diliriknya.Terkhusus bagi ukhti muslimah, ini merupakan kesempaan emas untuk mengumpulkan pahala yang bermanfaat sebagai penghapus keburukan dan dosa-dosa. Duuh,...siapa sih yang tidak tergerak hatinya untuk mengetahui bagaimana setiap hari seorang hamba bisa meraih seribu kebaikan??.


Rasulullah shalallahu alaihi wassalam telah memberitahukan hal ini kepada para sahabatnya.Agar para sahabat ridhwanullah alaihim ajma'in berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Lewat seorang sahabat yang mulia yaitu Sa'ad bin Abi Waqash radhiyallahu anhu, beliau berkata:
''Pada saat kami bersama Rasulullah shalallahu alaihi wassalam beliau bersabda: ''Apakah seseorang diantara kalian tidak mampu untuk mendapatkan 1000 kebaikan dalam sehari?'' Maka salah seorang yang duduk diantara kami bertanya: ''Bagaimana salah seorang diantara kami mendapatkan 1000 kebaikan?'' Beliau bersabda: ''Bertasbih 100 kali, niscaya ditulis baginya 1000 kebaikan atau dihapus darinya 1000 kesalahan'' (Hadist Shahih Riwayat Muslim no.2698)
Ukhti muslimah, renungkanlah hadits diatas, Subhanallah Maha Suci Allah betapa besar pahala yang Allah sediakan bagi hamba-hamba-Nya yang mau mengingatnya.Senantiasa lidahnya basah dengan dzikrullah. Bagi seorang hamba yang hatinya benar-benar lurus maka mengamalkan hadits diatas bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi bagi mereka yang hatinya sakit dan terlanjur cintanya kepada dunia maka mengamalkan hadits tersebut seakan-akan sulit membuatnya mendaki kelangit.
rn
Tidakkah dari sekarang engkau ingin melaksanakannya?. Tidakkah engkau menginginkan agar kesalahan-kesalahanmu tertutup dengan sebab tasbihmu kepada-Nya?. Wahai ukhti muslimah,...marilah kita bersegera menuju kepada-Nya. Menuju ampunan-Nya sesungguhnya pada saat ini merupakan sebaik-baik kesempatan untuk bertaubat, memperbanyak ibadah dan dzkir mengingat-Nya. Mengapa? karena pada saat ini engkau dalam keadaan yang sehat sebaik-baik keadaan seorang hamba. Mudah melakukan apa saja,ringan terasa dijiwamu.Karena itu perbanyaklah amal shaleh sebelum tiba masa sakitmu, sebelum tiba ajalmu. Sehingga bila masa itu tiba hanya penyesalan yang tidak terkira, pedih dan menyakitkan!!.
rn
Wahai hamba-hamba Allah yang asyik mengumpulkan dosanya, tibalah kini saatnya untuk menutupi dosa-dosamu itu dengan bertasbih kepada-Nya 100 kali saja, maka 1000 kesalahan yang ada padamu niscaya akan dihapus-Nya. Tidakkan engkau ingin mengamalkannya?? begitu mudah dan murah. Cukup dengan menggerakkan hati dan lidahmu berdzikir mengingat-Nya maka Diapun akan segera membalasnya.

Sungguh dzikir mengingat-Nya merupakan satu amal yang paling di cintai-Nya. Engkau tidak percaya? Cobalah simak hadits ini dari Sahabat Mu'adz bin Jabal radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:
''Amal perbuatan yang paling dicintai oleh Allah adalah hendaknya engkau mati sementara lisanmu selalu basah dengan dzikir kepada Allah''
(Hadits Shahih, diriwayatkan oleh Ibnu Hibban 2318,Tabrani Mu'jamul Kabir 20/93,106,107,108 dan Ibnu Sunni dalam Amalul yaum wal lailah hal.2)
Mudah-mudahan hadits diatas menjadi penyemangat hidupmu untuk memacu dan mengisinya dengan amal-amal shaleh, sehingga nantinya engkau menjadi orang yang beruntung dihadapan-Nya. Semoga Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua agar mudah langkah kaki kita menuju ketaatan kepada-Nya.Amin. Wallahu'alam bish-shawwab.

Tidak ada komentar: